Cara Merawat Komponen Komputer Dengan Benar

Sama dengan perangkat elektronik lainnya, pc komputer harus di rawat dengan baik dan terus menerus supaya tidak cepat rusak. Komputer itu terdiri dari perangkat keras dan lunak, agarbisa optimal maka semua itu harus mendapatkan perawatan yang benar.

Pastinya semua barang yang kita miliki ini harus selalu jaga dan rawat. Sama halnya dengan komputer. Barang elektronik ini perlu dijada juga dan harus rutin di jaga supaya bisa di gunakan tidak rusak. Pada komputer sendiri ada 2 bagian yakni software dan hardware.

Cara Merawat Komponen Komputer

Pada kali ini akan di bahas mengenai cara merawat hardware terlebih dahulu dan untuk softwarenya bisa kita bahas lain waktu. Beberapa yang bisa kita lakukan seperti :

1. Pilih tempat yang tepat
Pertama kali yang bisa di lakukan adalah dengen meletakkan pada tempat yang pas. Maksudnya adalah dengan menempatkan komputer pada ruangan tidak panas salah satunya yang ada acnya . Atau bisa meletakkan sirkulasi udara yang baik dan terhindari dari debu.
Cara ini diambil agar komputer tidak panas atau overhead terutama pada processor, vga, motherboard, ram dan lainnya. Maka itu pilih tempat yang lebih dingin agar memberi kesejukan pada komputernya.
Kalau sampai terpaksa maka letakkan pada pada khusus minimal sirkulasinya bagus dan wajib untuk menambahlan kipas disana.

2. Membersihkan debu yang menempel baik pada bagian luar maupun bagian dalam casing CPU.
Khusus untuk membersihkan debu pada bagian dalam casing, sebaiknya dilakukan beberapa bulan sekali tergantung dari banyaknya debu yang menempel pada komponen hardware seperti power supply dan motherboard.

Artikel menarik : service komputer jakarta

Gambar diatas merupakan salah satu contoh betapa banyaknya debu yang menempel pada bagian dalam CPU khususnya pada
bagian fan dan heatsink Processor.

Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan kuas dan vacuum cleaner atau lebih baik lagi menggunakan angin dari kompresor sehingga pembersihan debu bisa maksimal.

3. Gunakan Stabilizer atau UPS
Menggunakan Stabilizer dimaksudkan agar aliran listrik yang masuk ke Power Supply senantiasa terjaga kestabilannya. Prinsip kerja alat ini adalah adalah dengan menggunakan trafo step-up dan step down, sehingga apabila tegangan supply turun maka tegangan output akan dinaikkan dan sebaliknya, saat tegangan supply naik maka tegangan output akan diturunkan. Stabilizer atau Stavol (Stabilizer Voltage) bentuknya seperti gambar dibawah:

Akan lebih baik lagi kalau menggunakan UPS (Uninteruptable Power Supply) sehingga bisa menjaga komputer dari kehilangan power listrik secara tiba-tiba, karena dalam alat ini terdapat baterai sebagai tempat penyimpanan daya listrik.

4. Merawat LCD Monitor
Bagi Anda yang menggunakan monitor LCD, hindari menyentuh permukaan layar secara langsung untuk menghindari timbulnya kotor atau tergores. Apabila terlanjur kotor maka bersihkanlah dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD dengan menggunakan kain lap yang halus dan hindari menekan permukaan LCD.

Sumber : http://www.servicekomputerpanggilantangerang.com/