Intip Cara Membuat Kerupuk Kentang Yuk!

Halo teman – teman! Pasti pada bingung nih sama judulnya, hah kerupuk kentang? mungkin maksudnya keripik kentang. Eits saya ngga salah nulis loh, Pada artikel ini saya akan membagikan tips bagaimana cara membuat kerupuk kentang mentah.

Sudah pada tau belum nih kerupuk kentang? Kerupuk kentang merupukan kerupuk yang enak dan gurih seperti kerupuk yang lain yang membedakan hanya bahan bakunya yaitu dari kentang. Walaupun belum seterkenal atau populer seperti halnya keripik kentang tetapi kerupuk kentang ini tidak kalah enak loh dari keripik kentang.

Nah karena masyarakat belum terlalu mengetahui tentang kerupuk kentang ini sangat menguntungkan karena memiliki peluang usaha yang tinggi karena pesaingnya masih sedikit, untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca artikel cara membuat kerupuk kentang.

Anda tidak perlu khawatir dengan alat alat yang di butuhkan dalam usaha kerupuk kentang ini karena anda bisa membelinya pada website rumahmesin.com. Pada website tersebut anda bisa mendapatkan alat yang berkualitas tinggi dengan harga yang aman di kantong anda.

Sebelum masuk ke resepnya alangkah baiknya jika anda mengetahui tips berikut ini, yaitu cara memilih kentang yang memiliki kualitas yang bagus dan juga manfaat kentang bagi tubuh manusia. Yuk langsung simak pembahasannya:

Cara Memilih Kentang Yang Baik dan Manfaat Kentang

  • CARA MEMILIH KENTANG YANG BAIK

 

Siapa yang tidak kenal dengan bahan makanan yang satu ini? Bahan makanan yang memiliki nama latin Solanum Tuberosum L ini merupakan tanaman dari keluarga Solanaceae yang mempunyai umbi batang yang bisa di konsumsi dan disebut dengan “kentang” juga. Menurut sejarah, kentang ini berasal dari lembah-lembah yang berada di dataran tinggi di Chili, Peru, dan juga  Meksiko. Jenis bahan makanan tersebutpun dikenalkan oleh bangsa Spanyol dari Peru lalu ke Eropa pada tahun 1565.

Kentang ini sering dijadikan sebagai pengganti nasi untuk makanan pokok sehari hari. Bagi orang-orang yang sedang menghindari nasi ataupun sedang diet, kentang bisa dijadikan salah satu opsi sebagai penggantinya loh. Bahan makanan ini juga mudah sekali untuk didapatkan dan juga diolah. Mulai dari masakan sop, kentang goreng, gulai, mashed potato, perkedel, sambal kentang balado, donat hingga kerupuk. Jika anda merupakan orang yang termasuk sering mengonsumsi kentang, anda wajib tahu nih beberapa tips dalam memilih kentang yang berkualitas berikut, dilansir oleh How Stuff Works:

Perhatikan permukaan kentang dan Hindari kentang berwarna hijau

Permukaan dari kentang harus halus dan juga tidak bergelombang atau bahkan bolong. Hal tersebut akan memudahkan anda saat proses pengupasan kulit kentang. Kentang yang memiliki kulit halus juga biasanya akan memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan yang berkulit kasar.

Hindari memilih kentang yang sudah berwarna hijau kebiruan, karena kentang tersebut mengandung alkaloid. Alkaloid yaitu zat beracun yang berbahaya jika tetap anda konsumsi. Kentang ini biasanya memiliki rasa yang lebih pahit karena kentang sudah terkena banyak sinar matahari atau bisa jadi dipanen saat kentang masih terlalu muda.

Perhatikan berat kentang dan Pilih ukuran sesuai hidangan

Pilihlah kentang yang terasa berat saat di pegang, terlihat segar, tidak ada lubang di permukaan kentang, tidak retak, tidak busuk di salah satu sisinya serta tidak retak di bagian kulitnya. Pilihlah kentang yang mempunyai kulit yang tebal, tandanya yaitu terdapat garis-garis berwarna kecoklatan pada kulit kentang.

Sesuaikanlah ukuran kentang yang anda pilih dengan hidangan yang akan anda buat. Apabila anda ingin mengolhnya ntuk dibuat menjadi kentang goreng atau keripik, pilihlah kentang yang mempunyai ukuran yang besar. Sedangkan, untuk kentang yang berukuran kecil biasanya untuk diolah menjadi olahan kentang yang dikukus ataupun direbus. Beda lagi kalau dengan kentang yang berukuran mini atau biasanya sering disebut baby potatoes yang biasa diolah menjadi tambahan dalam masakan seperti rendang, sambal goreng/balado, dan semur.

Kentang yang sudah berusia tua biasnya akan menghasilkan tekstur yang semakin empuk saat diolah nantinya. Pilihlah kentang yang mempunyai warna kuning muda atau bisa juga yang berwarna putih kekuningan.

Hindari memilih kentang bertunas dan Jangan memilih kentang yang kulitnya keriput

Alangkah baiknya, anda juga harus menghindari untuk memilih kentang yang sudah bertunas. Kentang yang memiliki tekstur yang lunak dan juga bertunas memiliki kualitas yang bissa dibilang kurang baik untuk di konsumsi. Jadi, anda harus meilih kentang yang teksturnya keras dan juga tidak memiliki tunas.

Anda juga harus menghindari dan berhati hati untuk memilih kentang yang kulitnya mulai berkeriput. Kentang yang sudah mempunyai kulit yang bkeriput, kualitasnya akan kurang baik untuk di konsumsi.

Segera keluarkan kentang dari plastik

Setelah anda membeli kentang, segeralah untuk mengeluarkan kentang dari dalam plastiknya. Simpan kentang di tempat yang memiliki udara yang sejuk dan juga terpisah dari sayuran yang lain. Hal ini dilakukan supaya kentang tidak cepat untuk membusuk. Kentang tidak perlu untuk disimpan di dalam kulkas supaya tidak cepat membusuk.

Trik atau cara untuk menyimpan kentang agar bertahan lebih lama yaitu dengan menyimpan kentang dalam ruangan terbuka yang teduh serta tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda dapat meletakkan kentang pada keranjang yang mempunyai sirkulasi udara yang baik jadi kentang tidak akan lembap dan cepat membusuk. Kentang akan lebih baik jika dikonsumsi hingga 2 minggu dari waktu pembelian. Jadi, jangan sampai anda salah ya dalam memilih dan membeli kentang yang berkualitas baik.

Selanjutnya simak yuk berbagai manfaat yang bisa kita dapat apabila mengonsumsi kentang.

  • MANFAAT KENTANG

 

Selain nasi dan juga singkong, kentang merupakan salah satu pengganti karbohidrat yang seringkali dipakai oleh masyarakat Indonesia. Murah serta mudah untuk dimasak dengan berbagai jenis metode dan juga rasa membuat kentang sering dipilih oleh masyarakat.

Kentang mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti nasi loh. Namun selain mempunyai kegunaan sebagai pengganti nasi, kentang juga mempunyai manfaat lainnya lho, cus simak selengkapnnya.

Cocok untuk diet bebas gluten dan Membuat kenyang

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap gluten, kentang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi yang tepat loh. Tidak hanya baik bagi yang menderita penyakit intoleransi gluten, orang yang mempunyai penyakit celiac yang sensitif akan gluten juga dapat mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi.

Kentang juga dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi yang tepat bagi anda yang sedang melakukan diet menurunkan berat badan. Sebab, selain mempunyai kalori yang lebih rendah dibanding nasi, kentang juga bisa membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga anda dapat mengurangi konsumsi makanan yang lain. Kentang juga memiliki protein yang dikenal dengan nama potato proteinase inhibitor 2 (PI2) yang dapat membantu mengurangi nafsu makan anda dan memicu tubuh untuk memproduksi cholecystokinin (CCK) yang akan menimbulkan rasa kenyang.

Melindungi organ jantung dan Mengatur kadar gula darah

Kentang juga sangat berguna untuk melindungi organ jantung anda. Hal itu karena kentang mempunyai kandungan vitamin C, vitamin B6, serat, dan juga potasium yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya itu, dengan anda mengonsumsi kentang dapat membantu menurunkan kolesterol pada tubuh sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Kentang mempunyai jenis pati yang bernama resistant starch yang bisa berguna mengurangi risiko resistensi insulin dan bisa digunakan untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh anda. Bagi penderita diabetes, anda bisa mencoba untuk mengonsumsi kentang untuk menjaga kadar gula darahagar tetap stabil. Anda juga dapat meningkatkan kandungan pati yang ada didalam kentang dengan cara merebus kentang terlebih dahulu dan memasukkannya ke dalam kulkas selama semalam dan mengonsumsinya esok hari saat kentang masih dingin.

Tinggi kolin dan Tinggi antioksidan

Didalam kentang banyak terkandung zat kolin yang baik bagi kesehatan tubuh anda. Kolin juga bisa membantu proses pembelajaran, memori, pergerakan otot, dan juga dapat mengatur suasana hati. Selain itu, kolin juga berperan dalam penyerapan lemak loh, perkembangan otak pada masa awal pertumbuhan, menyalurkan sinyal saraf, serta bisa menjaga bentuk dari struktur sel.

Selain mengandung kolin, manfaat kentang lainnya juga ditemukan pada kandungan antioksidan di dalamnya. Kentang ternyata mengandung antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid, phenolic, dan juga carotenoid yang dapat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh. Apabila tubuh terhindar dari radikal bebas penyakit akan susah menyerang tubuh anda.

Menjaga kesehatan pencernaan dan Membantu metabolisme tubuh

Pati yang ada didalam kentang juga bisa menjaga kesehatan pencernaan anda sebab tidak bisa diproses alami dalam tubuh anda dan akan diarahkan ke usus besar untuk dijadikan sebagai sumber makanan untuk bakteri baik yang ada didalam perut.

Manfaat yang lainnya dari kentang yaitu dapat membantu proses metabolisme tubuh, hal itu karena adanya kandungan dari vitamin B6. Vitamin B6 juga dikenal sebagai zat yang bermanfaat untuk membantu proses pemecahan protein dan juga karbohidrat menjadi asam amino serta glukosa. Kentang ini juga ternyata didalamnya mengandung vitamin C juga loh. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk dapat menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat.

Menjaga kesehatan, Mengurangi gatal dan peradangan kulit

Menurut para ahli, kentang yang belum dikupas atau yang masih ada kulitnya lalu ditumbuk sampai halus bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa gatal dan juga peradangan pada kulit termasuk juga luka bakar.

Selain untuk mengurangi rasa gatal dan juga peradangan kulit, penelitian juga menjelaskan kalau kentang bisa membantu mengurangi jerawat dan kutil jika anda gunakan dalam bentuk masker pada jenis kulit yang berminyak.

Menyehatkan otak, Baik untuk tulang dan Membasmi masalah tidur

Asam alfa lipoat, dan juga enzim yang dikandung pada kentang, bisa meningkatkan fungsi pada otak atau kognitif secara menyeluruh. Para ahli sering menyatakan bahwa enzim tersebut bisa mengontrol gejala Alzheimer. Tidak hanya itu, kegunaan kentang yang satu ini juga datang dari kandungan zinc, fosfor serta vitamin B kompleks yang terkandung didalamnya.

Kalsium, zat besi, magnesium, zinc, serta fosfor yang ada dalam kentang dapat menjaga kesehatan tulang dan juga keseimbangan pada tubuh anda. Tetapi, perlu anda ketahui kalau mengonsumsi fosfor secara berlebih dan kalsium yang kurang bisa mengurangi kepadatan tulang yang akan memicu penyakit osteoporosis.

Manfaat yang selanjutnya yaitu datang dari kandungan tryptophan pada kentang. Senyawa alami tersebut sudah dipercaya bisa  membantu anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Tidak hanya itu saja, kandungan kalium yang terkandung oleh kentang juga memiliki sifat yang menenangkan bagi otot, Jadi anda bisa tidur dengan lebih tenang dan juga berkualitas.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara memilih kentang yang baik dan juga manfaat dari kentang, sekarang cuss ke resep cara membuat keupuk kentang mentah.

Cara Membuat Kerupuk Kentang Mentah

 

Bahan – Bahan:

  • 500 g kentang, kukus, haluskan
  • 500 g tepung tapioka
  • 2 1/2 sdt baput bubuk
  • 1 bks kaldu bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt munjung merica bubuk
  • secukupnya air hangat
  • irisan daun bawang, optional

Cara Pembuatan:

  1. Campurlah semua yang sudah anda siapkan dan uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan kerupuk kentang menjadi kalis. Bentuklah adonan seperti lontong mini atau sesuaikan dengan selera anda.
  2. Rebus adonan kerupuk kentang tersebut ke dalam panci berisi air yang sebelumnya sudah di rebus hingga mendidih. Jika adonan sudah terlihat mengapung di permukaan, hal tersebut tandanya adonan sudah matang. Angkat dan lakukan hal tersebut hingga lontongan habis.
  3. Dinginkanadonan dan masukkan ke dalam kulkas selama semalaman atau minimal hingga adonan keras. Potong menjadi tipis dengan menggunakan pisau yang tajam lalu tata di tampah atau loyang yang akan di gunakan untuk menjemur. Jemur calon kerupuk dibawah sinar matahari hingga kering. Lama penjemuran tergantung pada cuaca saat anda menjemurnya. Setelah benar kerupuk kering, goreng dalam panci yang berisi minyak panas dengan nyala api sedang. Setelah matang anda bisa mengangkatnya dan tiriskan menggunakan tissue makan agar minyak yang menempel berkurang.
  4. Anda bisa menyimpannya pada wadah atau tempat yang tertutup rapat contohnya seperti toples.

Wah gampang banget kan guys, jangan lupa cobaik bikin sendiri di rumah ya! semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. Terima kasih.