Apa Itu Beton Bertulang?

Apa Itu Beton Bertulang

Mengenal Apa Itu Beton Bertulang:

Apabila saat ini kamu sedang membangun rumah yang sudah menjadi impianmu, beton bertulang tentunya sudah cukup familiar ditelingamu. Apalagi bila saat ini rumah yang sedang kamu bangun rumah tingkat lantai 2, maka tentunya penggunaan beton dak beton bertulang merupakan hal wajib yang harus ada dalam konstruksi rumah mu.

Namun, apa sih sebenarnya maksud dari konstruksi beton bertulang? Serta bagaimana pengunaan konstruksi tersebut, dan apa fungsinya dalam keseluruhan struktur bangunan yang sedang dibangun? Mari, sama-sama memahmi lebih banyak dalam lagi mengenai istilah beton bertulang.

Apa Itu Beton Bertulang Pada Bangunan?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai istilah beton bertulang, saya mengajak kamu untuk kenali terlebih dahulu tentang pengertian dari beton. Beton merupakan sebuah konstruksi yang terdiri dari campuran dari pasir, batu kerikil maupun batu pecah, semen khusus dan air. Walaupun concrte (beton) mempunyai kekuatan menahan tekan yang lumayan tinggi, kelemahan material concrete ini hanya memiliki kekuatan tarik yang sangat rendah sehingga mnejadi lebih mudah retak hingga hancur saat terkena tegangan tarik dari beban, menyusut, hingga perubahan suhu udara.

Baca juga : Menghitung kebutuhan material cor beton jalan

Agar beton mempunyai daya tarik yang besar, maka solusinya menggunakan tulangan baja di sisi dalam beton yang berguna dalam memberikan kekuatan tarik yang pada dasarnya tidak dimiliki beton. Teknik konstruksi seperti inilah yan dikenal dengan sebutan konstruksi beton bertulang.

Keunggulan Dari Penggunaan Beton Bertulang

Setelah kamu mengerti apa definisi dari struktur beton bertulang pada bangunan, tahap berikutnya adalah mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki oleh konstruksi beton bertulang pada bangunan yang wajib kamu ketahui.

Walaupun konstruksi pada beton termasuk lemah terhadap beban tarik, beton bertulang mempunyai kekuatan tekanan yang paling tinggi diantara jenis konstruksi lainya. Ditambah lagi dengan diberikanya tulangan baja yang berguna dalam mengatasi masalah pada kekuatan tarik yang tidak dimiliinya, menjadikan konstruksi pada beton bertulang semakin kokoh dan lebih mempunyai kekuatan yang besar dibandingkan dari jenis material konstruksi yang lainnya.

Penggunaan beton bertulang menjadi pilihan utama konstruksi disebak=bkan salah satunya yaitu daya tahannya yang begitu baik terhadap air dan api. Pada umumnya ketika terjadi peristiwa kebakaran maupun juga banjir, material dari beton yang padat dan keras bisa melindungi tulangan dengan sempurna pada beton bertulang dari kobarakn api dan air banjir sehingga seringnya terjadi kerusakan hanya di bagian permukaannya saja, tidak sampai kebagian dalam.

Bila kamu bandingkan dengan konstruksi lainnya, konstruksi beton bertulang lebih unggul juga dalam sisi perawatan berkala. Tidak sekedar mudah dan praktis saja, kebutuhan anggaran dalam pemeliharaan pada konstruksi beton bertulang terbilang relatif lebih murah menjadikan konstruksi ini banyak digunakan pada pembangunan rumah sederhana hingga rumah mewah.

Pada konstruksi beton bertulang mempunyai umur yang lebih lama. Kontruksi yang satu ini sudah sangat dikenal dengan keawetannya serta tahan lama dibanding pada bahan konstruksi yang lain. Kebanyakan, struktur konstruksi ini bisa digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Apalagi, dengan kandungan bahan kimia dalam semen yang terdapat pada beton semakin menjadikan beton tersebut lebih kuat dan juga awet.

Dari segi desainya, fleksibilitas dalam pencetakan bentuk pada beton bertulang memungkinnya untuk dicetak sesuai dengan kebutuhan desain yang dibutuhkan pada bangunan. Penggunaanya tidak sebatas sebagai struktur saja, pengolahan desain beton bertulang juga sering kali digunakan untuk mempertegas tampilan dari fasad rumah ataupun jenis bangunan lainya.

Dilihat dari sisi harga ready mix per m3 dan biaya pembangunan yang diperlukan, konstruksi menggunakan bahan beton bertulang yang terbuat dari bahan-bahan dalam negri seperti material pasir, batu kerikil, air dan bahan material lain yang diperlukan, menjadikan konstruksi pada beton bertulang hemat anggaran. Tidak hanya biaya saja, bahan pembuatan serta instalasi pada konstruksi beton bertulang jauh lebih mudah dan bisa dikerjakan orang awam sekalipun.

Sekarang kamu seharusnya sudah tau apa itu beton bertulang, kegunaan serta keunggulanya bila digunakan dalam konstruksi pembangunan gedung atuapun rumah. Sudah siap untuk membangun?